Domain Khusus Desa Diluncurkan


Sejumlah blogger dan pegiat dunia maya meluncurkan domain khusus untuk desa.
Domain dengan nama desa.id tersebut merupakan domaian berbahasa Indonesia pertama kali yang diluncurkan.

“Dengan domain baru ini, desa sebagai entitas yang selama ini minoritas bisa memperkenalkan dirinya,” kata Sigit Widodo, Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), Sabtu 30 Maret 2013, di Kedai Telapak Purwokerto.

Ia berharap, potensi desa yang selama ini tak terlihat bisa dilihat banyak orang di dunia maya. Dengan domain baru ini, kata dia, desa-desa di Indonesia bisa lebih dikenal di dunia internasional.

Kemunculan domain ini, kata dia, awalnya disebabkan tidak diperbolehkannya desa memakai domain go.id. Ia menambahkan, kemunculan domain ini tidak terlepas dari gerakan sosial untuk kemandirian teknologi pedesaan melalui Gerakan Desa Membangun (GDM). Sebuah gerakan yang diawali oleh komunitas Banyumas dan komunitas blankon banyumas.

Budi Hermanto, dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang juga penggagas Gerakan Desa Membangun mengatakan, selama ini desa masih dianaktirikan oleh pemerintah. “Selama ini desa menggunakan domain or.id yang sebetulnya digunakan untuk organisasi nirlaba yang tentu berbeda visi dan misi dengan website/portal desa,” katanya.

Menurut dia, melalui portal desa, potensi desa bisa dikenalkan kepada dunia. Selain itu, portal desa juga bisa menjadi sarana komunikasi warga desa yang berada di luar daerahnya.

Agung Budi Satrio, Kepala Desa Melung menambahkan, dengan domain baru ini pembangunan Indonesia akan bertolak dari desa. “Jangan dikira masyarakat desa tak bisa membuat portal desa,” katanya.

Ia menambahkan, Desa Melung yang berada di lereng Gunung Slamet sudah banyak mengambil keuntungan dengan memiliki portal desa. Berbagai instansi maupun kelompok masyarakat banyak yang mendatangi desa ini setelah melihat potensi desa dari portal desa.

sumber : Tempo.co

2 pemikiran pada “Domain Khusus Desa Diluncurkan

  1. Kira-kira harga domainnya dikisaran berapa ya mas?
    mau ikut ngembangin desaku nih biar lebih terkenal

  2. Kalau Domain Desa.Id di kisaran 55 Ribu mas silahkan di cek di http://www.rajawebhost.com/domain-murah
    syarat :
    – Scan KTP pimpinan lembaga
    – Scan Surat Permohonan pendaftaran domain dari kepala desa

    semoga sukses ya mas😀

Komentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s