.id Ingin Jadi Domain Terbesar di Asia Tenggara


Pengguna internet di Indonesia patut diperhitungkan. Angkanya yang mencapai 55 juta orang dengan tingkat penetrasi sebesar 22,39 persen menjadikan Indonesia berada di urutan ke delapan pengguna internet global. dan posisi ke empat di Asia.

Hal ini, dinilai Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) sebagai potensi untuk meningkatkan penggunaan domain .id. Disayangkan, angka pengguna domain .id meski diklaim terus tumbuh, namun belum menampakkan gigi.

Dengan domain negara tetangga Singapura (.sg) dan Malaysia (.my) saja, .id yang merupakan identitas Indonesia masih kalah banyak jumlahnya. Domain .sg 141.684, .my 200.549 sementara .id 87.374.

“Melihat potensi ini, Pandi yang kini menjadi shared registry system (SRS), merangkul 12 perusahaan yang mau menjadi registrar memasarkan domain .id. Dengan para regisrar ini membantu kami, diharapkan dalam satu tahun lagi setidaknya .id jadi domain terbesar di Asia Tenggara,” kata Ketua Pandi Sigit Widodo, di Jakarta.

Dua belas perusahaan ini punya bermacam strategi pemasaran untuk menarik minat pengguna .id. Antara lain menjual domain .id dengan paket desain web atau paket internet. Ada juga yang mendekati Usaha Kecil Menengah dan menawarkan diskon khusus serta membundlingnya dengan web yang sudah jadi.

“Strategi pemasaran seperti ini memang kami perbolehkan. Ini adalah inisiatif mereka (registrar). Kalau dulu kan Pandi jualan sendiri, sekarang dengan adanya 12 registrar ini jadi lebih variatif. Konsumen jadi punya pilihan,” papar Sigit.

Pertumbuhan domain .id setiap tahunnya meningkat sekitar 30 ribu. Pandi menargetkan, dalam tiga tahun ke depan jumlahnya bisa mencapai satu juta lebih domain.

Dalam waktu dekat, Pandi juga akan merilis dua domain .id terbaru yakni biz.id dan my.id. Mulai 1 Oktober 2012, pendaftaran untuk dua domain ini dibuka untuk umum.

Domain biz.id ditujukan bagi perusahaan skala mikro kecil dan menengah, sedangkan my.id ditujukan untuk pengguna personal.
Persayaratannya cukup mudah,
yakni hanya diperlukan KTP dan NPWP untuk biz.id atau salinan KTP bagi peminat domain my.id.

Sumber : http://inet.detik.com

Komentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s