MU Tutup Tahun dengan Kekalahan


Manchester – Menjadi tuan rumah untuk tim juru kunci Blackburn Rovers, di hari ulang tahun ke-70 Sir Alex Ferguson, Manchester United menutup tahun 2011 dengan kekalahan 2-3 di Old Trafford.

Pada pertandingan yang dihelat pada Sabtu (31/12/2011) malam WIB, MU tampil sangat dominan sejak menit-menit awal. Mereka memaksa Blackburn bertahan dan bermain separuh lapangan.

Meski cuma mengandalkan serangan balik, Blackburn malah bisa menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol penalti Yakubu Aiyegbeni. Bahkan, mereka bisa unggul 2-0 pada awal babak kedua lewat gol kedua Yakubu.

Tapi, MU tak menyerah begitu saja. Dua gol Dimitar Berbatov membuat skor sama kuat 2-2.

Gol penentu kemenangan Blackburn akhirnya diciptakan oleh Grant Hanley saat waktu normal tersisa 10 menit. MU tak bisa membalasnya hingga peluit panjang berbunyi dan harus menerima kekalahan kedua mereka pada musim ini.

Dengan hasil ini, The Red Devils gagal menggusur Manchester City dari puncak klasemen. Mereka tetap mengumpulkan 45 poin–sama dengan City tapi kalah selisih gol– dari 19 pertandingan. City yang baru bermain 18 kali akan menjauh kalau besok bisa mengalahkan Sunderland.

Sementara itu, Blackburn naik ke peringkat ke-18 dengan koleksi 14 poin dari 19 pertandingan.

Jalannya pertandingan

Nani memperoleh peluang pada menit ketujuh lewat sebuah tendangan dari luar kotak penalti. Tapi, bola tak mengarah ke sasaran.

Banyak ditekan, tim tamu malah bisa unggul lebih dulu pada menit ke-16. Dalam sebuah proses serangan balik, mereka mendapatkan hadiah penalti setelah Yakubu dilanggar Berbatov di kotak 16. Yakubu yang maju sebagai algojo tak kesulitan menaklukkan David de Gea.

Peluang emas yang didapat Phil Jones pada menit ke-28 belum membuahkan hasil. Sepakan jarak dekatnya masih bisa diblok bek Blackburn.

Berselang semenit, giliran Javier Hernandez yang menjajal peruntungannya. Tembakannya dari luar kotak penalti masih melebar.

Usaha Nani pada menit ke-31 juga masih gagal. Dalam sebuah kemelut di kotak penalti Blackburn, tendangan pemain asal Portugal ini melambung.

Peluang terbaik MU di babak pertama lahir pada menit ke-44, lagi-lagi lewat Nani. Tapi, tembakannya dari dalam kotak penalti bisa ditepis secara luar biasa oleh kiper Mark Bunn.

Hingga turun minum, kedudukan tidak berubah. MU masih tertinggal 0-1 dari Blackburn.

MU langsung menekan pada awal babak kedua. Sebuah tembakan Nani pada menit ke-50 masih tipis di atas mistar.

Berselang semenit, gawang MU malah bobol lagi. Untuk kedua kalinya, Yakubu mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini diawali ketidakmampuan Michael Carrick menyapu bola dengan sempurna. Yakubu yang menguasai si kulit bundar kemudian melewati Phil Jones, menusuk ke kotak penalti dan menggetarkan gawang MU lewat tendangan kaki kiri.

Tapi, skor 0-2 cuma bertahan semenit. MU langsung bisa mengurangi ketertinggalannya setelah umpan silang Rafael dari sisi kanan dikonversi menjadi gol oleh Berbatov dengan kepalanya.

MU akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-62. Lewat proses yang mirip dengan gol pertama, umpan silang Antonio Valencia disambut Berbatov dengan sontekan mematikan untuk merobek gawang Blackburn.

Blackburn berpeluang unggul lagi pada menit ke-71. Namun, arah sepakan Mauro Formica masih tipis di samping gawang MU.

Valencia sempat membahayakan gawang Blackburn empat menit kemudian. Sial buat dia, tembakan volinya dari dalam kotak penalti masih melayang di atas mistar.

Pada menit ke-80, gawang MU kembali jebol. Dari sebuah sepak pojok, Hanley memenangi duel udara dengan De Gea. Bola mengarah ke gawang, dan kemudian Hanley mengejarnya dan kembali menanduknya. MU 2 Blackburn 3.

Di sisa waktu, MU mencoba untuk menyamakan kedudukan, tapi tak berhasil. Mereka tetap kalah 2-3.

Susunan pemain:
Manchester United: De Gea, Rafael Da Silva (Keane 86′), Jones, Carrick, Evra, Nani, Valencia, Park, Welbeck, Hernandez (Anderson 46′), Berbatov

Blackburn Rovers: Bunn, Lowe, Samba, Hanley, Pedersen, Henley, Nzonzi, Petrovic, Rochina (Morris 55′), Formica (Goodwillie 85′), Yakubu (Slew 90′)
Sumber http://www.detiksport.com

Komentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s