Menyalahgunakan Foto, Facebook Bisa Dituntut Pengguna


California, Amerika Serikat – Facebooker bisa menuntut Facebook jika raksasa jejaring sosial itu kedapatan menyalahgunakan foto milik mereka dalam iklan atau disebut sebagai ‘sponsored stories‘. 

Keputusan ini dijatuhkan Hakim Pengadilan wilayah San Jose, California, Amerika Serikat (AS) Lucy Koh pekan ini. Dia berjanji, kasus seperti ini yang kemudian diajukan ke pengadilan akan diproses.

“Facebook berlaku tidak adil dengan memperkaya diri melalui praktik tersebut. Menempatkan foto pengguna di halaman akun pengguna Facebook lain, yang mendukung produk yang mereka sukai — mengklik ‘Like’,” kata Lucy. 

Dilansir Business Journal dan dikutip detikINET, Selasa (20/12/2011), sebelumnya muncul protes dari sebagian pengguna Facebook AS, mengklaim bahwa praktik yang dilakukan Facebook tersebut melanggar undang-undang wilayah setempat. 

Adapun undang-undang yang bisa menjerat Facebook adalah peraturan pemerintah setempat mengenai konten yang bermuatan komersial atau iklan. Jika melanggar, Facebook diwajibkan membayar kompensasi kepada pengguna yang fotonya ditampilkan dalam ‘sponsored stories‘. 

Terang saja, mengingat undang-undang di California mewajibkan adanya izin dari orang yang bersangkutan untuk digunakan namanya, suaranya, tanda tangan, foto maupun keterangan bahwa mereka menyukai suatu produk untuk kepentingan iklan. 

Merespons keputusan Hakim, juru bicara Facebook Andrew Noyes berargumen bahwa aturan tersebut tidak diterapkan di ‘sponsored stories’ di situsnya karena konten semacam itu masuk dalam kategori ‘news’. 

Adapun yang bisa mengajukan tuntutan, disebutkan Facebook adalah para public figure yang telah digunakan namanya, mengingat pendapat mereka tentang sebuah produk sangat potensial menarik minat orang lain yang melihatnya.

“Kami akan meninjau ulang keputusan tersebut dan memastikannya layak diterapkan,” kata Noyes.

Komentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s