** DPR Kirim Tim ke Perbatasan dengan Malaysia **


VIVAnews – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat telah menandatangani surat menyetujui pengiriman tim Dewan ke perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

DPR ingin meninjau langsung kondisi perbatasan kedua negara menyusul munculnya informasi pencaplokan wilayah Indonesia oleh Malaysia.

“Untuk mendapatkan info yang detail mengenai kemungkinan digesernya patok-patok,” kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Priyo meminta pemerintah tidak perlu bereaksi secara reaktif tapi lebih proaktif melakukan langkah-langkah sehingga temuan DPR soal adanya pencaplokan wilayah menjadi alat pemecut. “Agar pemerintah melakukan langkah-langkah luar biasa mempertahankan jengkal tanah di perbatasan,” kata Priyo.

Kemudian, menteri yang menjadi kepala pengelola badan perbatasan harus segera melakukan langkah konkret dengan tim terkait dan melaporkan kepada Presiden. “Kalau perlu anggaran khusus untuk meningkatkan harkat martabat lingkungan dari masyarakat kita yang ada di perbatasan,” kata Priyo.

“Sebab yang kita temukan saat melakukan kunjungan daerah yang masuk wilayah Malaysia penduduknya itu berpendar cahaya. Sementara kita gelap-gulita. Kan itu jadi pilu juga,” kata Priyo.

“Padahal itu kan jadi halaman kita punya negeri. Sekali lagi ini momentum bagus untuk pemerintah berpacu dengan langkah-langkah terbaik mengenai perbatasan.”

Pemerintah juga diminta tidak bicara konservatif bahwa masalah perbatasan sedang dibicarakan dengan Malaysia. “Saya sarankan pemerintah harus bersikap tegas

Komentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s